YoseFin

Yosua

Selasa, 02 Agustus 2011

Jepang: Rudal Baru Korut Bisa Capai AS

VIVAnews - Aktivitas militer China dan Korea utara (Korut) mulai mengancam negara Jepang dan sekutunya, Amerika Serikat. Korut bahkan dikatakan telah mengembangkan teknologi rudal yang dapat mencapai wilayah Guam.

Hal ini termuat dalam laporan tahunan Kementerian Pertahanan Jepang yang disampaikan pada Selasa, 2 Agustus 2011. Dilansir dari kantor berita Associated Press, dalam laporan tersebut dikatakan Korut mengembangkan rudal berteknologi Rusia yang dinamakan Musudan.
Jepang mengatakan teknologi ini diperoleh Korut sejak tahun 1990 dan dirancang untuk diluncurkan di peluncur bergerak. Berdasarkan laporan tersebut, roket Musudan dapat mencapai jarak hingga 2.500-4.000 kilometer. Sementara jarak Guam, daerah otonom AS, hanya berjarak 2.000 kilometer dari Korut.

Dibandingkan rudal Taepodong-2 Korut yang disinyalir dapat mencapai pantai barat AS, Musudan memang tidak ada apa-apanya. Namun, Jepang memperingatkan misil jenis ini dapat mengancam nyawa 50.000 tentara AS di Jepang dan ribuan lainnya di pulau Guam.

"Karena ketertutupan rezim Korea Utara, sangat sulit untuk menerka niat dibalik pembuatan misil ini," tulis laporan tersebut.

Pemerintah Jepang juga menyampaikan kekhawatirannya akan aktivitas latihan militer China yang semakin meningkat di perairan sekitar negara tersebut. Terlebih lagi China tidak memberikan laporan apapun mengenai latihan tersebut.

"China berusaha meningkatkan lingkup aktivitas maritimnya, melakukan operasi dan latihan rutin di perairan di sekeliling Jepang, termasuk di Laut China Selatan dan Samudera Pasifik," tulis laporan itu lagi. (ren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar